KIAT SUKSES MEMULAI BISNIS ONLINE


KIAT SUKSES MEMULAI BISNIS ONLINE


Bisnis online shop dalam 10 tahun belakangan sedang mengalami kemajuan yang pesat. Menjamurnya jenis usaha dunia maya ini tak lepas dari kemudahan-kemudahan yang ditawarkan didalamnya. Sebagai penjual kita dimudahkan karena tak perlu sewa tempat mahal-mahal. Sedangkan untuk konsumen juga tak perlu capek-capek datang ke toko. Tinggal menatap layar bahkan tak sampai satu jam barang yang kita inginkan sudah dalam genggaman.


Kisah sukses para pebisnis online shop pun banyak menjadi pemberitaan di dunia. Ya gimana nggak sukses, caranya yang simpel dan nggak ribet bisa bikin kaya mendadak. Hal ini membuat banyak pemuda harapan bangsa berlomba-lomba berwirausaha melalui cara ini.





Buat kalian yang pengen memulai usaha via online shop haruslah memiliki cara-cara khusus untuk bisa bersaing dengan toko daring lainnya. Nah kali ini saya bakal beberkan kiat sukses biar kalian meroket dalam menjalankan bisnis via online shop.

Yuk simak baik-baik. Nga boleh baper tapinya~


1. SIAPKAN MODAL YANG CUKUP 




Modal merupakan salah satu variabel terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis. Nggak bisnis offline maupun online, modal sangatlah memiliki andil yang besar. Bayangkan usaha tanpa modal, mau jadi apa nantinya?

Modal yang saya maksud di sini bukan cuma modal duit saja, loh. Modal-modal yang lain seperti tenaga, niat, iman dan taqwa, maupun nekat juga dibutuhkan. Semuanya harus ada dan cukup untuk membangun bisnis kalian.

Untuk jumlah modal sendiri kalian nggak perlu banyak-banyak. Secukupnya saja karena yang berlebihan biasanya banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya. Pastikan kalian mencatat kebutuhan yang diperlukan, simulasikan ke model hitung-hitungan yang sederhana, tapi dapat mewakili. Semacam melakukan penelitian ilmiah, dimulai dari hal kecil kemudian diterapkan ke hal yang lebih besar.

Dan hal terpenting yang nggak boleh kalian lewatkan adalah, kuota. Modal yang hukumnya wajib kalian miliki untuk menjalankan bisnis online shop selain modal nekat. Pokoknya, jangan sampai cuma modal dengkul doang.

2. TENTUKAN PRODUK YANG AKAN DI JUAL 



Biasanya menentukan produk jualan berawal dari hobi, tren, atau sumber daya yang dimiliki. Meski demikian dalam menentukan jenis produk yang akan kita jual, kita harus melihat bagaimana prospek kedepannya bakal seperti apa.

Alangkah baiknya sebelum menentukan produknya, kalian harus survei untuk mengetahui siapa yang bakal jadi pesaing dan bagaimana karakter pasarnya. Biasanya, pasar menyukai hal-hal yang berbau original, tentunya dengan harga yang miring. Oh ya, akan menjadi nilai tambah tersendiri jika produk yang kalian tawarkan memiliki ciri khas yang unik.

3. RENCANAKAN KONSEP PENJUALAN 




Sebelum memulai usaha, agar tidak salah langkah kedepannya, kalian harus menentukan konsep dagangnya. Konsep yang pas dengan sasaran pasar, biasanya akan mendatangkan banyak keuntungan. Dalam menentukan konsep, tak perlu terlalu ndakik, sederhana saja, tapi mengena.

Untuk mendapatkan formula sebuah konsep yang sederhana tur ngena, kalian bisa piknik di dunia maya melihat bagaimana kompetitor menjajakan barangnya. Kalian bisa menggabungkan konsep-konsep yang dilakukan kompetitor ataupun mencari apa yang belum mereka lakukan saat berjualan.

Perencanaan bisnis merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh kalian abaikan dalam menentukan sebuah konsep. Sekali lagi, biar kalian nggak salah langkah kedepannya.

Ketika semuanya sudah pas, maka konsumen akan mendapatkan pengalaman berbelanja yang tiada duanya.

4. BIKIN PROMO UNIK DAN MENGGELITIK 





Bagi saya, hal terberat dalam menjalankan bisnis online shop adalah menjalankan promosinya. Kita nggak bisa asal promosi saja. Taruhannya besar, Beb~

Dalam membuat promosi janganlah terlalu mengumbar janji. Konsumen jaman sekarang sudah banyak yang tabayyun, mereka nggak akan percaya gitu aja jika ada promo beli satu dapat seribu. Buatlah promo yang sewajar mungkin tapi mengena di hati para konsumen, ya intinya sama-sama menguntungkan kedua belah pihak.

Selain kita dituntut unik dalam melakukan aktivitas promosi, kita harus memahami istilah-istilah teknis dalam dunia internet. Ya intinya sih kita dituntut paham algoritma Google dan marketplace yang kita gunakan.

5. Y UDAH ... MULAI JUALAN GIH....!!





Bulatkan tekadmu, siapkan modalnya, daftarkan segera tokomu di media sosial atau web marketplace semacam Tekopodia, Bula Kapak, Zalada dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Kekayaan menantimu di kemudian hari.
Memangnya kalau sudah kaya lalu apa? Toh hidup juga gini-gini aja~






KIAT SUKSES MEMULAI BISNIS ONLINE KIAT SUKSES MEMULAI BISNIS ONLINE Reviewed by wongpasar grosir on 01.37 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.